Red for the Prosperity (CNY 2016 #ootd)

00.24

Hello!!
Long time no see!
or..
Long time no post??
hahaha..

Well, it's my first post in 2016 after many things to do as a mom, business woman and also a God's servant.

Anyway i wanna make a difference for my blog this year..

What is that??

Since this post i'm gonna write in Bahasa!

Hahaha.. yaaaa!
Mulai hari ini aku mau menulis dalam bahasa Indonesia ( gak 100% sih, masih ada campur2nya laahhh..)

Well..
Pertama-tama kayaknya it's too late to say "HAPPY NEW YEAR!"
Tapi belum terlalu telat kan untuk bilang
"GONG XI FAT CHOI!"

Ya.. Tanggal 8 Februari 2016 kemarin kita merayakan Hari Raya Imlek atau yang kita tau sebagai Tahun Baru Cina.

Karena hitungannya campuran (setengah keturunan Cina & setengah pribumi) aku masih tetap turut merayakan Imlek atau yang biasa disebut Sincia atau Xin Nian yang artinya tahun baru(apalagi masalah terima angpaonya :p ) tapi sebenarnya gak terlalu ngikutin adatnya sih, misalnya aku gak selalu memakai baju baru di hari raya yang merupakan penanda dimulainya musim semi di daratan Cina ini.  Bagi teman-temanku yang keturunan Tionghoa merupakan suatu keharusan bagi mereka untuk mengenakan segala sesuatu yang baru di tahun baru, jadi gak heran kalau setiap tahun mereka selalu disibukan dengan satu kegiatan yang menjadi agenda wajib menjelang Imlek, yaitu berburu baju baru.

Selain baju baru, ada juga beberapa tradisi dan pantangan dalam merayakan Imlek. Ini nih sebagian yang aku tau :

1. Angpao, yaa apa sih yang paling di nantikan dalam merayakan sincia?? udah pasti amplop merahnya lah.. hahaaa.. aku ingat waktu masih kecil, aku bisa mengumpulkan jumlah Rupiah yang sangat WOW! pada saat hari raya Imlek. Tapi sayangnya makin tahun jumlahnya makin menurun. ehmmm.. bukan karena faktor umur mempengaruhi isi angpao yaa.. Tapi, karena jumlah pemberi yang berkurang setiap tahunnya (dikarenakan ada yang pindah ke luar kota atau meninggal), lalu keadaan ekonomi Indonesia yang tidak baik beberapa tahun belakangan sehingga orang-orang tidak lagi royal dalam mengisi angpao yang mau mereka bagikan (teori saya siiihhh...). Aturan angpao sendiri setau aku hanya diberikan kepada mereka yang belum menikah tidak peduli berapapun usia mereka. Dan itu juga yang menjadi syarat naik pangkat menjadi pembagi angpao, yaitu sudah menikah. Makanya, jadi jomblo gak selamanya rugi kan.. hahaa.. asal tahan mental aja sih tiap tahun ditanya "kapan kawin?" :))

2. Semuanya serba baru, dari ujung kepala sampai ujung kaki. Logika aku sih karena tahun baru ya everything must be new.

3. Merah. Mamiku yang seorang keturunan Tionghoa sangat fanatik masalah warna. Beliau sangat menyukai warna merah karena bagi warga Tionghoa memiliki arti keberuntungan. Dan warna putih adalah warna yang dihindari pada hari Imlek karena merupakan lambang perkabungan. Tadinya sih aku pikir why should be wear red karena lambang keberuntungan, tapi ada 1 artikel yang menyebutkan alasan memakai merah untuk menakut-nakuti roh jahat yang mencoba masuk ke dalam rumah.

4. Potong rambut. Hmmm.. mungkin karena tahun baru kali yah, jadinya potong rambut untuk buang sial (itu sih alasan orang baru putus cinta kali ah.. wkwkwk) well, potong rambut 2-3 hari sebelum sincia itu karena saat hari H potong rambut dianggap mengusir keberuntungan, keramaspun gak boleh loh.

5. Menyapu. Nah ini yang udah biasa aku dengar karena katanya bisa-bisa keberuntungan baik akan ikut tersapu.

Itu sih yang aku tau dan aku yakin masih banyak pantangan dan tradisi dalam merayakan Imlek. Mungkin teman-teman mau share dalam comment di bawah :D

Okay! let's talk about my #ootd on these Lunar New Year..

Untuk tahun ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya, aku gak sibuk melototin ig olshop untuk hunting dress lucu ataupun ikutan ngantri di mall untuk berburu diskon. Even untuk Jordan pun aku gak prepare sama sekali (entah kenapa tahun ini malas banget). Sampai di hari H baru deh mulai was-was karena sama sekali gak ada bayangan tahun ini mau pakai baju apa (bandel siiihh). Akhirnya aku ingat ada 1 crop top yang udah lama aku beli (dari belum married bo!) tapi baru aku pakai 2x aja, dan warnanya merah pas banget dengan suasana Imlek. Untungnya crop top masih menjadi trend fashion saat ini, So i'm still look fashionable walaupun bukan pakai baju baru :D

Setelah mendapat atasannya, waktunya untuk bongkar lemari cari bawahan apa yang cocok untuk dipadu padankan dengan crop top aku. my #fashionrules crop top harus di mix & match dengan hi-waist skirt or pants. Jatuhnya seksi tapi not too bitchy (oops! no offense! it's just my opinion :D peace!) Dan pilihanku jatuh ke assymmetri skirt. I'm so in love with this skirt. Bahannya enak dan jatuhnya pas banget di aku. Rok ini juga cocok di pakai dengan atasan apapun dalam acara apapun. Santai atau formal, cuma nongkrong atau pergi ke acara kondangan gak pernah saltum dengan rok ini.

Well, outfit udah bold colours nih.. Supaya terkesan tetap fresh, aku main warna di sepatu yang akan mempercantik kaki aku (sayangnya udah lama gak pedicure jadi warna kuku aku gak cantik.. hiks..) Jadi aku pilih colourful wedges dari Vanila House Asia yang merupakan my 25th birthday present from the lovely Vanila ex 7 icons. Enak banget dipakai, gak capek walaupun dipakai lama and yang paling penting nyaman banget jalannya karena solnya gak licin. Udah gitu modelnya cantik dan warnanya lucu banget. Aku juga pakai brand ini untuk wedding shoes aku dulu. Recommended banget! karena aplikasi swarovskinya detail dan rapi banget.

heiii back to the topic!

Last but not least, untuk sentuhan akhir aku pilih white clutch dari Charles & Keith. Yess! as a mom aku butuh tas yang simpel banget untuk nyimpan smartphone dan lipstick aku.

And Voila!

It's how i look!















Thanks for reading guys :*

See u on my next post!

X.O.X.O



You Might Also Like

0 comments

TWITTER

PROMO

Instagram

Subscribe