Memadamkan lidah yang dibakar si rawit

15.09

Rupanya challenge mie samyang yang aku buat di Youtube sebelumnya membuat aku penasaran sama kemampuanku dalam hal makan dengan tambahan si kecil rawit dengan rasa yang menggigit. Kebetulan my challenge partner on my "(NOT) Samyang Challenge" video si Jenny yang memang hobi memasak membuat nasi goreng pedas dan membagikannya ke beberapa teman termasuk aku (rejeki anak sholeh hehe..) dan aku punya padanan pas yaitu baby udang crezz dan suwir ikan tuna pedas yang juga aku dapat dari Jenny sebagai oleh-oleh dari Palu.

Gak lama-lama aku langsung melahap habis sambil membuat videonya untuk aku unggah di Youtube channel aku.


Rasanya jauh lebih pedas 2x lipat daripada mie ayam rica-rica yang aku makan di challenge sebelumnya. Sampai-sampai suwir ikan tunanya gak berasa pedas, malahan si udangnya gak kerasa sama sekali karena kalah dengan panasnya rasa si nasi goreng di lidah.

Herannya walau bibir keriting dan lidah panas, tapi kebanyakan orang termasuk aku gak kapok untuk menyantap makanan pedas. Malahan ketagihan.. Padahal aku sudah tau kalau aku bakal rajin bolak balik wc setelah icip-icip makanan yang pedasnya kebangetan ( baca : diare)

Aku pun penasaran bagaimana caranya supaya tahan makan pedas dengan nyaman. Kalau kita google-ing banyak sekali artikel tentang tips makan pedas dan isi dari  semua artikel itu hampir sama.

Salah satunya seperti artikel yang di share on Facebook di bawah ini.

agar Anda lebih leluasa makan pedas dan tidak bingung mencari penawar pedas inilah 6 makanan penghilang rasa pedas yang bisa mengatasi rasa pedas yang membakar mulut Anda.
1. Susu atau Produk Susu Lainnya
Di bagian akhir videoku, aku mencoba mengganti air putih dengan susu. Menurut pengalamanku sebelumnya kalau habis makan pedas terus langsung minum air putih, bukannya si rasa pedas hilang malahan makin menjadi di lidah.
Tapi setelah mencoba minum susu untuk melicinkan tenggorokan,aku rasa  It Works! gak langsung hilang sih.. Slowly but sure lidah bagaikan di netralisir dan rasa pedas hilang. Walaupun bibir masih terasa keriting ya..

Susu, yogurt dan keju dapat menghilangkan rasa pedas. Hal itu karena kandungan lemak dalam produk susu dapat menetralkan rasa panas di mulut. Selain itu artikel lain juga menyebutkan kalau mengkonsumsi susu ketika makan pedas akan memperkecil resiko diare.

2. Gula
Hamburkan gula pada lidah lalu hisap selama 30 detik. Gula akan menyerap rasa pedas di mulut Anda.

Make sense siiih.. boleh dicoba..

3. Nasi
Makanlah beberapa sendok nasi ketika Anda merasa sangat kepedasan. Butiran nasi dapat menarik rasa pedas di mulut.

hmmm, mamiku juga sering menganjurkan aku untuk memperbanyak makan nasi ketika sudah gak tahan dengan rasa pedas dari makanan yang aku santap. Yah sedikit membantu juga..

4. Jeruk Nipis
Potong jeruk nipis dan hisaplah. Jeruk Nipis dipercaya dapat mendinginkan lidah yang terasa terbakar.

Belum pernah coba, but i'll try... tapi kira-kira kalau si jeruk nipis diganti es jeruk atau lemon tea ngaruh juga gak ya?? hehe

5. Selai Kacang
Makan selai kacang juga dapat membantu menetralkan rasa pedas. Sama seperti produk susu, selai kacang mengandung lemak yang dapat 'mendinginkan' rasa pedas di mulut.

Wah kebetulan i really love peanut jam.

6. Jus Buah
Efek dari makan pedas juga bisa membuat kepala terasa pusing. Jika sudah begitu berarti Anda sangat dehidrasi. Untuk mengatasinya segera minum jus buah untuk menetralkan pedas dan meredakan pusing di kepala Anda

Sepertinya pertanyaanku di poin 4 terjawab.. bukan es jeruk tapi jus jeruk.. hehe

Overall i love the sensation of spicy food! How about you? Punya pengalaman pribadi tentang makan pedas atau tips lain yang juga membantu? I'm waiting for you guys to share it on comment box below :)

Thanks for reading!

X.O.X.O

Indah

You Might Also Like

0 comments

TWITTER

PROMO

Instagram

Subscribe