(NOT) Samyang Challenge

12.15


sumber : kaskus


Kalau kita buka youtube dan mengetik keyword "Samyang" pasti akan banyak keluar video para youtuber yang melakukan "Samyang Challenge" yang di dalam video itu mereka berusaha menghabiskan mie instan asal Korea yang konon katanya level pedasnya tingkat dewa.

Tapiiii.. rupanya pedasnya mie samyang ini masih dianggap belum menantang bagi masyarakat Indonesia yang hampir lebih dari separuh populasinya penggemar berat rasa yang membuat lidah merasakan sensasi seperti terbakar ini.

Terbukti dari banyaknya video yang di upload, rata-rata menambahkan boncabe untuk menambah rasa hot dari mie rasa ayam pedas ini. Warnanya yang merah seperti cabe dan ekspresi peserta challenge yang makannya bisa sampai nangis-nangis membuat yang menonton bisa ikut merasakan keseruan makan mie super pedas level mampus dalam video yang ditonton.

Gak mau ketinggalan kekinian, aku pun dan teman-teman buat video challenge yang sama. Sayangnya, barang import seperti mie samyang ini gak mudah didapatkan disini. Jadi akhirnya aku milih mie Korea dengan merk lain. Tapi bukan berarti pedasnya gak bisa menyamai challenge yang sudah-sudah loh. Berbeda dengan yang lain, aku gak pakai boncabe untuk menambahkan rasa pedasnya. Tapi, aku memilih ayam rica-rica dan sambel terasi ulek.

hmm.. Kebayang gak tuh panasnya di lidahku? Gak perlu pakai lipstick lagi deh karena habis makan ini kita pasti akan mendapat bibir tebal dengan warna merah yang seksi secara alami!


Terus terang aku bukan orang yang bisa makan pedas, entah kenapa waktu hamil rasanya semua makanan rasanya hambar kalau gak ditambahin sambal. Awalnya sih mikir oh mungkin bawaan lagi "isi" kali ya. But i'm still wondering kok sampai sudah melahirkan dan si baby bala-bala udah berusia 1 tahunpun, makan makanan dengan rasa panas menggigit di lidah kayak gini jadi sensasi tersendiri buat aku. Gak berarti aku nya jadi biasa aja ya makan cabe dan kawan-kawanya, tetap bisa pusing, bab terlalu lancar bahkan sampai nangis. Tapi, gak menurunkan semangatku makan pedas, malahan nagih mau lagi, lagi dan lagi!

Aku coba googling apa manfaat dari makan pedas bagi kesehatan. Aku copy-paste dari situs www.kompas.com dan mencoba mengomentarinya dari pengalamanku yaaa..

Apa aja manfaat makanan pedas bagi kesehatan ?

1. Menurunkan berat badan
Ya iyalah.. Habis ikutan challenge dua hari yang lalu, kemarin kerjaanku seharian cuma bolak balik wc. Sampai-sampai heran makannya gak sebanyak itu tapi kok keluarnya banyak banget. Rasanya seperti usus dicuci bersih mengeluarkan semua kotoran yang tersimpan selama bertahun-tahun lamanya (lebay dikit..). Lagian ya kalau makan pedas itu, makannya 1 sendok minumnya 2 gelas air putih. Lama-lama kan jadi kenyang air. hehe
Tapi bukan itu alasan utama kenapa dengan makan pedas kita bisa menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan cabai mengandung bahan yang disebut capcaisin yang menurut penelitian akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat.
2. Menyehatkan jantung
hmmm.. kalau makan cabai itu rasanya adrenalin meningkat dan jantung berdebar lebih kencang apalagi kalau lihat cabe-cabean ugal-ugalan di jalan #loh ! hahaha
Cabai menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Penelitian juga menunjukkan kadar Kolesterol jahat/LDL bisa mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Capsaicin juga efektif melawan inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor risiko penyakit jantung.
3. Melancarkan sirkulasi
Yang paling terbukti itu melancarkan sirkulasi pencernaan makanan. Buktikan sendiri dan rasakan sensasi bolak balik kamar mandinya. Tapi, ada juga loh beberapa orang yang biasa aja habis makan pedas level mampus.. Kira-kira ususnya terbuat dari apa ya???
Makanan pedas akan melancarkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Cabai juga membantu menguatkan dinding pembuluh darah karena kandungan vitamin A dan C-nya.
4. Antikanker
Banyak penelitian menunjukkan konsumsi teratur makanan pedas akan mengurangi risiko kanker. Capsaicin memperlambat pertumbuhan sel kanker dan pada banyak kasus sel-sel kanker mati tanpa merusak sel sehat di sekitarnya.
5. Meningkatkan fungsi cerna
Manfaat cabai dalam saluran cerna adalah meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag. Akan tetapi jika Anda mengalami heartburn (rasa panas) setelah makan pedas, cobalah tablet antiacid yang akan menetralisir asam di lambung.
Oh mungkin itu kali yaa yang buat kadang-kadang perut terasa sakit habis makan cabai berlebihan. Bukan sakit maag tapi asam lambung yang naik.
6. Flu
Kalau makan makanan yang keterlaluan pedasnya bisa-bisa sampai berkeringat. Dan ternyata keringat itu tidak keluar sia-sia! hahaha...
Capsaicin membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Makanan pedas juga akan membantu membuka jalan napas, mengurangi sinusitis, dan gejala flu lainnya.
7. Tidur nyenyak
hmmm.. kalau ini sih rasanya belum pernah kerasa banget yaa.. Tapi peneliti dari Australia menemukan orang yang rutin mengasup makanan pedas lebih mudah tidur. Mereka juga cenderung bangun lebih pagi dan lebih segar.
8. Menjaga mood
Cabai merah meningkatkan level endorfin dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. Hormon ini bisa berlaku seperti pelawan stres dan depresi.
Tuh untuk yang lagi galau dan belum move on mungkin saatnya mengganti menu makanan anda! borong gih cabai sama yang jualnya sekalian.
9. Melancarkan pernapasan
Ya iyalah, kalau makan pedas rasanya semua lendir beku dalam hidung mencair.
Makanan pedas bertindak seperti espektoran dan membantu penderita asma, bronkitis kronik, sinusitis, dan penyakit pernapasan lainnya bernapas lebih baik. 

Itu dia manfaat dari makan pedas. Tapi, sayangnya gak semua orang bisa makan pedas.
hmm.. kira-kira teman-teman ada yang punya tips supaya lebih tahan makan pedas? share dalam kolom comment di bawah yaaa..

Thank for reading and watching my video!
please subscribe my youtube channel and share my video!

X.O.X.O

Indah

You Might Also Like

0 comments

TWITTER

PROMO

Instagram

Subscribe